Monday, May 18, 2009

Strategic Choice

Pilihan Strategi

Sudah sering kita dengar, bahwa di dunia ini yang pasti adalah adanya perubahan. Hampir dipastikan bahwa semua yang ada didunia ini “berubah”. Berubah atau perubahan kalau dilihat dari sisi kemampuan kita untuk mengelolanya, maka bisa dibagi kedalam dua kelompok , yakni perubahan yang dapat kita prediksikan sebelumnya dan perubahan yang tidak dapat kita prediksikan kedatangannya. Dari kedua hal tersebut, muncul yang namanya “peluang” dan “resiko”. Peluang akan muncul apabila perubahan yang akan datang bisa kita prediksikan sebelumnya. Hal ini bertolak belakang dengan resiko, dimana perubahan yang akan terjadi dimasa yang akan datang, kita tidak mampu untuk memprediksikannya.

Untuk menghadapi adanya perubahan yang akan datang, perlu sekali dibuatkan pilihan-pilihan strategik sesuai dengan ranah organisasi yang kita kelola. Dalam manajemen modern, sering sekali kita dengar adanya pilihan-pilihan strategik diantaranya;

  1. Strategik Tingkat Korporat.

    Dalam tingkatan korporat, strategi ini berguna untuk memberikan gambaran arah pertumbuhan dan pengelolaan berbagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi. Strategik korporat ini harus dijadikan sebagai acuan pokok oleh SBU dan Fungsional organisasi dalam membuat strateginya masing-masing.

  2. Strategik Tingkat SBU

    SBU atau Strategik Bisnis Unit, memiliki strategi organisasi dengan maksud untuk meningkatkan daya saing organisasi dalam satu industri yang dimasukinya.

  3. Strategik Tingkat Fungsional.

    Strategi Fungsional dibuat untuk menciptakan kerangka kerja bagi manajemen fungsional seperti Produksi, Keuangan dan sebagainya.

Dalam perkembangannya, begitu kompleknya permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi oleh perusahaan, dan begitu cepatnya perubahan-perubahan yang melingkupi perusahaan perlu adanya penanganan yang secara sistematis untuk memenangkan pertarungan antar perusahaan. Oleh karenanya sekarang muncul yang namanya manajemen strategik. Beberapa orang mendefinisikan bahwa manajemen strategik adalah pendekatan yang sistematik untuk mencapai tujuan organisasi, melalui proses perencanaan yang matang guna menyelaraskan kapabilitas internal organisasi dengan peluang dan ancaman dari lingkungan bisnis yang dimasukinya.

Proses perencanaan yang matang ini tercermin dari tahapan yang dilalui dalam penentuan dan implementasi strategik. Tahapan-tahapan tersebut antara lain;

  1. Tahap analisis dan pilihan strategik.

  2. Tahap implementasi strategik.

  3. Tahap evaluasi strategik.



2 comments:

Anonymous said...

wah, gak mudheng aku... he he he...

kang tedjo said...

tenan, gak dong aku... ketoke aku wes tuwo, mulai pekun... he he he...
atooo sepertinya kerangka berpikirnya sudah harus diubah dalam dataran yang lebih praktis, tidak lagi strategis...???